Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Sayuran Hilangkan Bekas Jerawat

5 Manfaat Sayuran Hilangkan Bekas Jerawat
Health - Sayuran memiliki segudang manfaat untuk kesehatan karena kaya nutrisi dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Hebatnya lagi, sayuran mengandung kualitas tertentu yang mungkin efektif dalam mengurangi noda kulit, seperti bekas jerawat.

Berbagai sayuran mengandung bahan-bahan yang telah terbukti secara ilmiah bisa mengatasi beberapa masalah kulit. Berikut lima kualitas dari sayuran yang membantu menghilangkan bekas luka jerawat seperti dikutip dari Examiner

Manfaat Sayuran 

1. Mengurangi Peradangan

Sebagian besar masalah kulit seperti bekas jerawat terjadi karena perubahan hormon dan peradangan. Meskipun sulit mengubah pola makan dalam jangka panjang, menemukan diet yang tepat bisa membantu mencerahkan kulit yang akan berlangsung seumur hidup.

Peradangan diduga berkontribusi dalam masalah kulit seperti ruam, eksim, dan bekas jerawat. Sayuran seperti wortel, biji bunga matahari, butternut squash dan sayuran hijau memiliki sifat anti-inflamasi, vitamin dan asam lemak esensial yang berperan penting dalam regenerasi kulit.

Sayuran tersebut juga rendah kalori sehingga tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang dapat memperburuk masalah kulit. Dengan mengurangi peradangan, sayuran membantu untuk mengurangi bekas jerawat dan noda kulit lainnya.

2. Memperbaiki Kulit

Bekas luka terjadi ketika kulit Anda mengalami luka terbuka karena cedera, jerawat, gesekan atau penyebab lainnya. Konsumsi sumber nabati secara teratur akan memberikan vitamin dan nutrisi penting yang membantu dalam produksi kolagen dan elastin.

Selain itu, mineral seperti zinc dalam sayuran diperlukan untuk menyembuhkan luka serta menyeimbangkan minyak di kulit Anda.

Kabar baiknya, apabila sayuran di dalam diet Anda tak cukup membantu dalam proses perbaikan kulit, Anda dapat membuat masker topikal atau facial dan menerapkan secara langsung untuk hasil yang cepat. Memijat wajah dengan masker sayuran juga membantu dalam pengelupasan yang mengurangi bekas luka serta keriput.

3. Mengurangi Pori - Pori Terbuka

Banyak orang tak suka dengan pori-pori yang terbuka lebar. Pori-pori terbuka bisa karena produksi minyak yang berlebihan, akumulasi kotoran, dan pertumbuhan bakteri. Genetik, penuaan, dan diet juga dapat menyebabkan pori-pori terbuka lebar.

Menurut Dokter Kulit New York City Debra Jaliman, Anda tak bisa mengurangi ukuran pori-pori secara fisik, tetapi aplikasi topikal dan konsumsi makanan kaya sayuran secara teratur dapat meminimalkan munculnya pori-pori membesar.

Misalnya, wortel kaya akan vitamin A dan beta-karoten yang membantu membersihkan jerawat dan membuka pori-pori tersumbat. Atau, Anda dapat menggunakan masker mentimun untuk mengurangi bekas jerawat dan menghadang kelebihan minyak agar wajah Anda lebih kencang.

4. Kaya Antioksidan

Sayuran yang sarat dengan antioksidan terbukti efektif membersihkan kulit dan mencegah berbagai kondisi seperti jerawat, rosacea, dan eksim. Antioksidan melawan radikal bebas yang terbentuk dengan paparan sinar matahari dan pola makan yang buruk.

Radikal bebas diduga menyebabkan kerusakan pada lapisan luar kulit, membuat bekas jerawat lebih mencolok. Dengan memasukkan sayuran dalam diet harian Anda akan melindungi dari kerusakan ini serta mencegah penuaan dini dan mengurangi penampilan bekas jerawat.

5 Mencerahkan Kulit

Bekas jerawat membuat kulit Anda terlihat kusam, tapi sayuran dapat mencerahkan kulit Anda. Salah satu cara pasti untuk mencerahkan kulit Anda dengan makan banyak sayuran seperti biji labu.

Sayuran tersebut sarat dengan seng dan mineral penting lainnya yang membantu terbentuknya sel-sel kulit baru. Terlepas dari cerah, sayuran juga mengatur produksi minyak.

Bayam memperkuat jaringan kulit Anda dan dilengkapi dengan sifat anti-inflamasi yang menghilangkan racun sehingga kulit menjadi cerah.

Apabila bekas jerawat tidak memudar dengan konsumsi rutin sayuran atau aplikasi topikal, hubungi spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan terbaik. Nikmati kulit mulus dan bercahaya dengan sayuran!